Kamis, 14 April 2011

Manusia dan Kebudayaan

Manusia, dalam kehidupan sehari – harinya manusia sering kali menciptakan sesuatu karya ataupun kebiasaan sesuai dengan daerahnya masing – masing. Suatu bentuk representasi kecintaan manusia terhadap kebiasaannya bisa disebut sebagai kebudayaan. Kebudayaan dan manusia tidak bisa dipisahkan. Setiap daerah yang ditinggali oleh manusia pasti memiliki satu kebudayaan yang khas. Contoh globalnya yaitu dunia barat dan dunia timur memiliki budaya masing – masing. 













Gambar 1: Marawis, salah satu kebudayaan dari Timur Tengah

Budaya itu akan melekat pada setiap manusia. Kebudayaan pun bisa hilang jika manusianya tidak lagi peduli. Budaya dapat berbentuk karya seni ataupun adat istiadat. Kebudayaan sangat penting bagi setiap manusia sebagai identitasnya. Dewasa ini banyak kebudayaan tradisional yang dipadukan dengan elemen modern. Adapun para ahli mengemukakan 7 unsur dari kebudayaan yaitu :

1.            unsur religi
2.            sistem kemasyarakatan
3.            sistem peralatan
4.            sistem mata pencaharian hidup
5.            sistem bahasa
6.            sistem pengetahuan
7.            seni

Unsur religi adalah unsur yang mencitrakan hubungan antara kebudayaan dengan nilai kerohanian, nilai hubungan kita dengan Tuhan Yang Maha Esa. Unsur sistem kemasyarakatan, adalah bagaimana suatu kebudayaan itu berjalan dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap masyarakat dalam setiap daerah memiliki caranya masing – masing. Unsur sistem peralatan adalah tentang instrumen yang digunakan dalam menjalani kebudayaan tersebut. Unsur sistem mata pencaharian hidup adalah mata pencaharianpun dapat mempengaruhi kebudayaan. Unsur sistem bahasa adalah bagaimana suatu kebudayaan itu disampaikan. Sistem pengetahuan adalah tentang ilmu yang menjadi sumber untuk setiap kebudayaan. Unsur seni adalah nilai estetika pada sebuah kebudayaan.

Referensi: Modul Materi IBD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar