Senin, 23 April 2012

Website: Cara Membuat dan Kriteria Website yang Baik

Baik, disini saya akan memberi sedikit info tentang bagaimana cara membuat website dan website yang baik itu seperti apa sih? Ya, website sudah sangat akrab ditelinga kita. Hampir setiap hari kita mengunjungi website-website yang tersedia di jagat internet. Mulai dari jejaring sosial, atau yang paling populer Google.
Pasti setiap pengguna internet penasaran bagaimana cara membuat website itu sendiri. Untuk yang belum mengetahui bagaimana caranya, saya akan memberi tutorial bagaimana cara membuat website dan menghostingnya.

Langkah-langkahnya adalah:
1.  Membuat kodingan website (Disini saya menggunakan bahasa HTML)
Gambar diatas adalah contoh dari kodingan HTML untuk website saya. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana menggunakan bahasa HTML. Saya hanya akan menerangkan beberapa elemen dari HTML saja. HTML itu terdiri dari dua bagian, yaitu Head dan Body. Pada Head, kita akan menaruh koding program untuk header background, lalu juga judul website. Pada bagian body kita akan menulisakn seluruh koding untuk isi dari website itu sendiri, seperti body background, teks, image, tabel, dll. Jika kodingan telah selesai dibuat, maka save file tersebut menjadi index.html . Kenapa harus dinamakan index? Karena nama default untuk homepage pada website itu adalah index.html atau index.php . Simpan seluruh data yang ada di website kedalam satu folder yang sama. 

2. Mendaftarkan nama domain dan menghostingnya

Setelah kita selesai menuliskan koding HTML website kita, maka kita akan lanjutkan untuk mendaftarkan nama domain kita lalu dilanjutkan menghostingnya. Karena disini saya menggunakan web hosting yang gratis maka kalian bisa klik lilnk disamping http://freedns.afraid.org/subdomain/ untuk mendaftarkan nama domain gratis kita. Lalu klik link disamping http://www.000webhost.com untuk menghosting website kita. Yang pertama harus kita lakukan adalah mendaftarkan nama domain kita dengan mengklik link yang telah saya berikan tadi. Jika telah diklik maka akan muncul link set up an account, pilihlah itu. Setelah itu anda akan mendaftar seperti biasanya. Jika sudah menuliskan segala data yang diminta, maka email konfirmasi pun akan dikirimkan. Buka alamat email anda dan klik link yang server berikan. Jika link tadi telah diklik maka kita diharuskan untuk mengisi field-field yang diberikan. Lalu save, dan seketika akan muncul link shared domain registry, pilih saja itu. Setelah mengklik link tersebut maka tinggal kalian pilih nama domain yang kalian suka. Jika sudah selesai, maka save dan domain anda telah terdaftar. Lalu kita akan melanjutkan untuk menghosting web di www.000webhost.com . Sign up seperti biasa, jika telah selesai maka akan ada konfirmasi email dimana kita diminta untuk memverifikasi akun kita. Jika semua sudah selesai maka web kita telah terdaftar. Yang paling penting, jangan luipa untuk mengupload segala data yang ada didalam website kita. Disini saya menggunakan software FileZilla untuk mempermudah peng-uploadannya.

Link dibawah ini adalah contoh dari website yang telah saya buat:

Website yang baik itu?
Menurut saya pribadi, suatu website dikatakan baik jika memiliki beberapa poin dibawah ini:
  • Memiliki desain yang mudah dan menarik. Baik itu dari segi pemakaiannya ataupun nilai estetikanya. 
  • Memiliki informasi yang akurat, serta di update berkala. Isi dari website itu sendiri haruslah info yang benar, bukan info palsu. Dan website yang selalu update adalah website yang baik karena pengunjung akan selalu mencari info yang terbaru yang bukan itu-itu saja.
  • Sesuai dengan tema. Jika website itu adalah sebuah situs toko baju anak online maka layout yang dibutuhkan adalah full color serta mudah untuk digunakan. Beda lagi jika website itu adalah sebuah situs salah satu Universitas. Isinya haruslah sarat informasi dan rinci.
  • Memiliki sistem keamanan yang baik. Sebuah website haruslah mempunyai sistem keamanan yang baik untuk menjaga data dari para pelaku cyber crime. Terutama website2 pemerintahan harus memiliki security yang kuat.
  • Memiliki domain yang menarik. Nama domain yang menarik akan mudah diingat oleh pengunjung dan menarik perhatian pengguna internet untuk mengklik website tersebut.
referensi: ebook tutorial dari http://arif-emang.keren.la/

Selasa, 13 Maret 2012

Internet dan Web . Sejarah 2 Hal yang Sangat Akrab dengan Kita

Internet, pasti hal ini sudah sangat akrab di telinga kita, apalagi buat para mahasiswa. Internet sangat membantu kita dalam mencari informasi. Perpustakaan kali ini telah dikalahkan fungsinya oleh internet, karena cara pakai internet yang sangat mudah.
Pengertian internet itu sendiri adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung secara global. Internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET. Standar yang dijadikan protokol untuk menghubungkan satu komputer terhadap internet adalah TCP/IP. Pada mulanya ARPANET hanya mengembangkan  empat situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. 
Pada tahun 1982 name server mulai dikembangkan, sehingga membuat para pengguna bisa bergabung dalam jaringan internet tanpa harus mengetahui jalur pasti dari host tersebut. Kemudian pada tahun 1986 diperkenalkan istilah DNS atau Domain Name Server yaitu suatu penamaan alamat internet yang seragam.
Pada awal tahun 1990-an internet mulai masuk ke Indonesia, dengan nama awal yang dikenal dengan Paguyuban Network. Dan WARNET atau Warung Internet mulai menjadi usaha bisnis di Indonesia pada tahun 1997-1998 sampai sekarang usaha warnet adalah bisnis yang sangat menjamur.

Web, atau WWW (World Wide Web) secara keseluruhan web hampir sama dengan internet, yaitu suatu ruang informasi untuk para pengguna global. WWW adalah kumpulan server web di seluruh dunia yang berfungsi untuk menghimpun data dan informasi untuk digunakkan bersama. Pada tahun 1991 Tim Berners-Lee mengembangkan WWW. Pada musim panas 1991, WWW digunakan secara luas.Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa adalah lembaga yang pertama kali mengembangkan WWW.


Senin, 28 November 2011

Digital Music

Perkembangan teknologi memang sangat cepat merambah segala aspek kehidupan kita. Tak terkecuali bidang seni pun jika telah tersentuh oleh teknologi akan semakin hebat karyanya. Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Digital Music atau musik digital. 
Musik kini dapat kita nikmati secara mudah. Dapat kita dengarkan lewat berbagai media, contohnya iPod atau MP3 player. Selain itu kita juga dapat lebih mudah dalam memproduksi karya musik kita.
Musik digital dapat diartikan sebagai reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirobah keasalnya menjadi sinyal analog, perekaman suara digital dengan cara pengkodean angka biner hasil dari perobahan sinyal suara analog dengan bantuan frekwensi sampling. Musik digital bisa juga berasal dari suara sintetis, contoh peralatan sumber suara sintetis MIDI merupakan sumber suara digital berbagai instrumen musik yang bisa dimainkan oleh pemusik. Bentuk penyimpanan sinyal digital dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas.
Perkembangan musik digital dimulai oleh terciptanya piringan hitam pada tahun 1887 di Prancis. Kemudian pada tahun 1963 Compact Audio Cassette diperkenalkan di Eropa sebagai media penyimpanan audio.


FORMAT AUDIO MUSIK DIGITAL
 Format audio musik digital terbagi menjadi 3 bagian, yaitu format mentah, pemampatan tanpa kehilangan mutu dan pemampatan biasa.
1. Mentah


2. Pemampatan Tanpa Kehilangan Mutu
  • FLAC (Free Lossless Audio Codec)
  • WavPack
  • Monkey's Audio (filename extension APE)
  • WavPack (filename extension WV)
  • Shorten
  • Tom's Lossless Audio Kompressor (TAK)
  • TTA
  • ATRAC Advanced Lossless
  • Apple Lossless (ALAC)
  • Lossless Windows Media Audio (WMA)

3.Pemampatan Biasa
  • MP3
  • Vorbis (OGG)
  • Musepack (MPC)
  • ATRAC
  • Lossy Windows Media Audio (WMA)
  • AAC (Advanced Audio Coding)
  • RAW
  • mid (MIDI)
  • gsm
  • dct
  • vox
  • mp4/m4a(MPEG-4)
  • mmf (Samsung)
  • ra (Real Audio)
  • ram (Real Audio)
  • dss (Digital Speech Standard)
  • msv (Sony)
  • dvf (Sony)
  • IVS
  • m4p (Apple)
  • iklax
  • mxp4
  • Sony atrac (.wav), untuk membukanya perlu pengandar (driver) ATRAC3

CONTOH MEDIA PLAYER
iPod

MP3 Player

Discman

Handphone




referensi: 

Minggu, 30 Oktober 2011

Video Game

Saat ini siapa sih yang ga tau video game? hampir semua kalangan telah mebncoba hal satu ini. Video game memang sangat menarik untuk dilakukan apalagi saat kita merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya bocah saja yang gemar memainkan video game, tapi sekarang telah menjadi hobi orang dewasa juga. Video game memiliki sejarah yang cukup panjang dalam perkembangannya. Kurang lebih video game memiliki 7 generasi sebelum sekarang menjadi hobi yang banyak digemari.

Generasi Pertama
Generasi pertama ini dimulai pada tahun 1951 dimana seorang Insinyur televisi Ralp Baer mulai mengembangkan televisi interaktif. Video Game pertama pada generasi ini adalah game pingpong bernama Pong. Game ini muncul pertama kali pada natal tahun 1975.


Generasi Kedua
Generasi ini permainan video game dengan consol dimulai. Era ini disebut juga dengan awal era 8bit. Jenis permainan ini bekerja dengan komponen terdiri dari mokroprosesor berbasis kode dimana permainannya dimasukan kedalam chip ROM yang tertempel dalam cartridge. Pada tahun 1982 muncul 3 konsol yaitu Emerson Arcadia 2001, Vertrex dan Coleco Vision.


Generasi Ketiga
Generasi ketiga ini telah melirik permainan role-playing video games atau yang sering kita dengar sebagai RPG’s. Editing dan cencorship dari video games telah sering / banayk digunakan untuk menyetempatkan game-game Jepang di Amerika Utara. Pada era ini, banyak video-video games terkenal yang memonopoli setiao waktu seperti yang kita temukan. Beberapa contohnya yaitu sperti Super Mario Bros, Final Fantasy, The Legend of Zelda, Dragon Quest, Metroid, Mega Man, Metal Gear, Castlevania, Phantasy Star dan Bomberman. Generasi ini sering salah diketahui sebagai generasi pertama seperti apa yang kita lihat pada awal industri video games yang kita ketahui sekarang.




Generasi Keempat
Generasi ke-empat merupakan era dimana pembelian dilakukan melalui import dari US dan mulai menyebar di Eropa. Pada saat ini jugan Kepopuleran SNES games dimulai, dengan fakta bahwa PAL telah hadir dengan 50 Hz refresh rate dan dengan 625 garis vertical resolusi, sebanding dengan 525/480 pada NTSC.
Fakta ini berarti bahwa game desain pada NTSC terlalu standart tanpa ada modifikasi, dan berjalan 17% lebih lambat dan akan ada ruang hitam di bagian atas dan bawah televisi pada saat dimainkan di PAL televisi.





Generasi Kelima
Bagian kelima generasi juga melihat naiknya emulasi. Selama periode ini, umumnya tersedia komputer pribadi menjadi cukup kuat untuk meniru 8 dan 16-bit sistem dari generasi sebelumnya. Selain itu, perkembangan Internet bisa dibuat untuk menyimpan dan men-download ROM dan pita gambar dari permainan lama, akhirnya terkemuka 7 generasi konsol (seperti Xbox 360, Wii, PlayStation 3, dan PlayStation Portable) untuk membuat lebih banyak tersedia permainan untuk membeli atau mendownload.
Bagian ini memerlukan tambahan citations untuk verifikasi. keputusan ini atas dasar bahwa mereka akan memberikan permainan pendek beban kali lipat dari sebuah Compact Disk (dan akan menurunkan pembajakan).




Generasi Keenam
Generasi ke 6 mengenai computer, video games dan console game yang ada pada abad ke-21. Di generasi ke 6 ada beberapa jenis console game seperti : Sega’s DreamCast, Sony Playstation 2, Nintendo Gamecube, dan Microsft Xbox. Generasi ke 6 dimulai pada saat tanggal 27 November 1998 dengan dirilisnya DreamCast, selanjutnya dikeluarkannya console Playstation 2 saat Maret 2000. Sedangkan untuk console Gamecube dan Xbox mulai dipasarkan sekitar bulan September dan November. DreamCast Pada awalnya DreamCast sangat berhasil dalam peluncurannya, console ini membantu mengembalikan reputasi Sega’s karena console yang dibuat Sega’s sebelumnya seperti Sega Saturn, Sega 32x, dan Sega Mega CD telah gagal. Sega’s telah memutuskan menggunakan alat GD-ROM( atau yang sering dikenal dengan CD-ROM )
untuk media penyimpanan yang lebih murah namun tidak bisa dibandingkan dengan kemampuan DVD yang digunakan oleh Playstation 2.




Generasi Ketujuh
Dalam sejarah video game , generasi ketujuh , generasi video game sekarang ini. Terfokus dalam pembuatan sarana atau alat game yang dirilis pada tahun 2004 oleh Nintendo, Microsoft dan Sony.
Alat yang bersifat pribadi dan dioperasikan sendiri, generasi ketujuh ini dimulai dari 22 November 2005 dengan dirilisnya Microsoft’s Xbox 360 dan diikuti oleh Sony’s Playstation 3 pada 11 November 2006 dan Nintendo’s Wii pada 19 November 2006. Masing-masing sarana permainan yang baru memperkenalkan type terbaru dalam teknologi. 







Seiring zaman video games telah berkembang dengan sangat pesat. Permainan-permainnya pun sangat beragam. Dari mulai jenis permainan RPG, battle, adventure, strategy, simulation, dll. Video game telah melahirkan karakter karakter terkenal contohnya:


Sonic The Hedgehog dari console SEGA


Mario dari console Nintendo






Sabtu, 08 Oktober 2011

Digital Culture dan Social Life

Dewasa ini hampir semua aspek kehidupan kita telah dikomputerisasi. Tentu saja hal ini sangat membantu kinerja manusia. Pekerjaan terasa lebih ringan dan akan lebih akurat hasilnya. Dari awal membuat laporan dengan menggunakan mesin tik sampai sekarang menggunakan komputer yang mana hasilnya jauh lebih baik.

Saat ini zaman telah berubah menjadi zaman informasi atau zaman digital. Zaman ini memungkinkan setiap orang dapat mengakses informasi secara bebas yang sebelumnya hal ini terasa susah. Zaman ini terbentuk ketika microcomputer mulai banyak diproduksi dan personal computer atau PC mulai merambah masyarakat pada akhir tahun 1970. Semua ini semakin menjadi ketika teknologi internet dikembangkan pada awal 1990 dan terciptanya teknologi baru lain pada dua dekade terakhir. Pesatnya perkembangan teknologi ini membuat suatu gaya hidup baru yang membudaya, inilah yang dinamakan Digital Culture.






















Gambar diatas menunjukan perbedaan dari dua buah kamera berbeda zaman. Yang atas adalah kamera analog dan yang bawah adalah kamera digital. Jelas kamera digital mempunyai spesifikasi yang lebih canggih dibanding dengan kamera analog. Penggunaannya pul lebih mudah dimengerti tanpa mengurangi kualitas gambar. Dalam proses mencetak gambar, kamera analog membutuhkan biaya yang mahal dan dicetak oleh seorang ahli. Beda halnya dengan kamera digital yang tinggal memasukan Micro SD Card  kedalam PC. Maka dengan ini Digitalisasi telah membuat pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dengan kualitas yang hebat.

Dengan sejalannya digital culture di masyarakat, terciptalah suatu budaya baru dimana manusia berkomunikasi tanpa harus saling bertatap muka. Ya, digital culture telah merubah sistem social life kita dengan beragam teknologinya. Internet adalah pelaku utama dalam social life networking. Situs web jejaring sosial kini sangat beragam. Dengan itu semua kita dapat mudah berkomunikasi dengan orang orang di seluruh dunia. Tak hanya komunikasi yang telah berubah dalam social life kita, akan tetapi transaksi jual beli pun kini marak terjadi di internet. Orang-orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja secara online daripada harus capek capek pergi ke toko. Kita tinggal memilih barang yang kita mau, dan mengirim pembayaran melalui bankm setelah itu produsen tinggal mengirim barangnya ke alamat konsumen, sangat mudah. Digital Culture memang telah merubah tatanan Social Life kita menjadi lebih praktis.



































Kamis, 14 April 2011

Jaga Kuta Kita!

"Liputan6.com, Bali: Puluhan wisatawan asing mengikuti pelepasan anak penyu atau tukik di pantai Kuta, Bali, Kamis (14/4). Acara yang diikuti warga, pengelola pantai, serta aparat pemerintah ini merupakan bagian dari kampanye "Kuta Bebas Sampah."

Pariwisata Bali sempat tercoreng terkait sebuah artikel di majalah Time. Ulasan tersebut menggambarkan bahwa berlibur di Bali terasa bagai di neraka, karena banyak sampah berserakan. Langkah pembersihan terus dilakukan sejak saat itu.  "Sama sekali tidak seperti neraka. Bagi kami tempat ini indah, malah seperti surga," ujar Louisa Jones, wisatawan asal Australia.

Artikel tentang banyaknya sampah rupanya tidak terlalu memojokkan Bali. Namun untuk menjaga citra Bali sebagai salah satu tempat wisata terindah dunia, pemerintah bertekad menjaga kebersihan setiap saat.(WIL/YUS)"



Seperti dilansir oleh Liputan6.com , kini pantai Kuta Bali tak sebersih beberapa tahun yang lalu. Bisa kita lihat sampah berserakan dipantai seolah gelar Paradise Island siap lengser. Bali adalah salah satu destinasi pariwisata internasional yang telah memiliki nama di dunia. Maka dari itu, sudah selayaknya kita terus menjaga lingkungan bali tetap asri.  Hal ini berkaitan dengan materi IBD bagian Manusia dan Keindahan. Panorama alam Bali yang eksotis merupakan contoh dari keindahan alam. Sudah sewajarnya kita menjaga suatu keindahan, agar bisa menciptakan daya tarik. Namun, satu hal yang mungkin sangat penting, jangan hanya mengembangkan pariwisata di Bali saja. Negara ini masih memiliki banyak keindahan panorama alam, pariwisata yang berpotensi untuk menjadi destinasi internasional juga. Untuk itu, kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan apa yang kita miliki, bukan bangga dengan yang 
orang lain miliki.






Referensi : http://berita.liputan6.com

Manusia dan Keindahan

Keindahan, keindahan adalah suatu nilai kebenaran yang memiliki daya tarik. Keindahan bersifat universal, semua orang dapat menikmati keindahan. Setiap hal yang kita lakukan secara indah pasti akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Keindahan adalah abadi, suatu keindahan tidak terikat oleh waktu, bisa dinikmati sepanjang masa.
Gambar 1:
Keindahan yang direalisasikan
dalam bentuk karya seni
Keindahan sulit untuk dinyatakan, karena keindahan itu sendiri bersifat abstrak. Suatu keindahan bisa kita nikmati jika diwujudkan dalam suatu bentuk atau karya. Maka dari itu bentuknyalah yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan keindahan.
Keindahan yang diwujudkan dalam bentuk bisa terbagi menjadi dua macam, yaitu keindahan symetria atau keindahan berdasarkan penglihatan, serta keindahan harmonia atau keindahan berdasarkan pendengaran. Sebenarnya keindahan itu sendiri memiliki arti yang sangat luas. Keindahan dapat diartikan secara luas menjadi keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

Nilai Estetik
Nilai estetik adalah nilai yang menyangkut tentang keindahan. Nilai ini bisa digolongkan menjadi nilai subjektif dan nilai objektif, ataupun bisa diglongkan menjadi nilai individu atau kelompok. Tapi yang paling penting adalah nilai ini memiliki dua bagian yaitu nilai ekstrinsk dan nilai intrinsik. Nilai ekstrinsik adalah tentang guna dari nilai itu sendiri kepada penikmatnya. Sedangkan nilai intrinsik adalah guna dari nilai itu untuk benda itu sendiri.
Sebab – sebab manusia menciptakan keindahan :
  • ·         Tata nilai yang telah usai
  • ·         Kemerosotan zaman
  • ·         Penderitaan manusia
  • ·         Keagungan Tuhan


Renungan
Renungan adalah adalah hasil dari pemikiran kita, hasil dari merenung. Dalam merenung untuk menciptakan karya seni ada tiga teori, antar lain:
  • ·         Teori Pengungkapan: teori ini menyebutkan bahwa karya seni adalah suatu       pengungkapan dari perasaan senimannya.
  • ·         Teori Metafisik: teori ini diusung uleh Plato berdasarkan karya – karyanya.
  • ·         Teori Psikologis: teori ini menjelaskan bahwa karya seni merupakan bentuk terselubung dari keinginan bawah sadar para senimannya.
Referensi : Modul Materi IBD