Sabtu, 08 Oktober 2011

Digital Culture dan Social Life

Dewasa ini hampir semua aspek kehidupan kita telah dikomputerisasi. Tentu saja hal ini sangat membantu kinerja manusia. Pekerjaan terasa lebih ringan dan akan lebih akurat hasilnya. Dari awal membuat laporan dengan menggunakan mesin tik sampai sekarang menggunakan komputer yang mana hasilnya jauh lebih baik.

Saat ini zaman telah berubah menjadi zaman informasi atau zaman digital. Zaman ini memungkinkan setiap orang dapat mengakses informasi secara bebas yang sebelumnya hal ini terasa susah. Zaman ini terbentuk ketika microcomputer mulai banyak diproduksi dan personal computer atau PC mulai merambah masyarakat pada akhir tahun 1970. Semua ini semakin menjadi ketika teknologi internet dikembangkan pada awal 1990 dan terciptanya teknologi baru lain pada dua dekade terakhir. Pesatnya perkembangan teknologi ini membuat suatu gaya hidup baru yang membudaya, inilah yang dinamakan Digital Culture.






















Gambar diatas menunjukan perbedaan dari dua buah kamera berbeda zaman. Yang atas adalah kamera analog dan yang bawah adalah kamera digital. Jelas kamera digital mempunyai spesifikasi yang lebih canggih dibanding dengan kamera analog. Penggunaannya pul lebih mudah dimengerti tanpa mengurangi kualitas gambar. Dalam proses mencetak gambar, kamera analog membutuhkan biaya yang mahal dan dicetak oleh seorang ahli. Beda halnya dengan kamera digital yang tinggal memasukan Micro SD Card  kedalam PC. Maka dengan ini Digitalisasi telah membuat pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dengan kualitas yang hebat.

Dengan sejalannya digital culture di masyarakat, terciptalah suatu budaya baru dimana manusia berkomunikasi tanpa harus saling bertatap muka. Ya, digital culture telah merubah sistem social life kita dengan beragam teknologinya. Internet adalah pelaku utama dalam social life networking. Situs web jejaring sosial kini sangat beragam. Dengan itu semua kita dapat mudah berkomunikasi dengan orang orang di seluruh dunia. Tak hanya komunikasi yang telah berubah dalam social life kita, akan tetapi transaksi jual beli pun kini marak terjadi di internet. Orang-orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja secara online daripada harus capek capek pergi ke toko. Kita tinggal memilih barang yang kita mau, dan mengirim pembayaran melalui bankm setelah itu produsen tinggal mengirim barangnya ke alamat konsumen, sangat mudah. Digital Culture memang telah merubah tatanan Social Life kita menjadi lebih praktis.



































Tidak ada komentar:

Posting Komentar