Minggu, 28 April 2013

Project Game

Bertemu lagi dengan saya Chandra di inform-art-thica. Kali ini saya akan membuat sebuah posting tentang game, tepatnya aplikasi pembuat game. Menari kan? Yang kita tahu selama ini bahwa membuat game itu membutuhkan kemampuan koding program yang baik, rumit, dan segala hal memusingkan lainnya :s . Tapi dengan game maker, atau aplikasi pembuat game, membuat game dapat menjadi lebih mudah. Tidak perlu koding program yang rumit. Cukup tentukan konsep dan tampilan yang diinginkan, maka jadilah game!

Saya akan memperkenalkan satu software pembuat game yang cukup terkenal, yaitu Stencyl.

Stencyl adalah platform yang digunakan untuk penciptaan permainan yang memungkinkan pengguna untuk membuat 2D video game untuk komputer, perangkat mobile, dan web. Perangkat lunak ini tersedia secara gratis, dengan opsi penerbitan pilih tersedia untuk pembelian. Perangkat lunak ini awalnya disebut "StencylWorks" sementara dalam pengembangan dan untuk rilis awal, namun kemudian disingkat menjadi hanya "Stencyl".
Game yang dibuat di Stencyl dapat diekspor ke web melalui Adobe Flash Player dan HTML5 , untuk komputer pribadi sebagai executable game, serta ke berbagai perangkat mobile seperti iOS dan Android aplikasi. Fisika dan tabrakan dikelola oleh Box2D , yang dapat secara selektif atau benar-benar dinonaktifkan untuk mengurangi dampak kinerja potensial untuk game yang tidak memerlukan simulasi fisika penuh. Proyek di Stencyl memanfaatkan haXe bahasa pemrograman (v2.09) dan NME kerangka permainan (v3.4.2) untuk memungkinkan fleksibel, tulis sekali, jalankan di mana saja gaya penciptaan permainan.
Pengguna iOS mendapatkan akses ke StencylBuilder, yang merupakan berbasis cloud solusi untuk mengkompilasi aplikasi iOS pada Windows atau Linux komputer. Kompilasi proyek ini biasanya akan memerlukan komputer Mac untuk menyelesaikan tapi dengan mengirimkan proyek untuk StencylBuilder dapat dikompilasi jarak jauh. Terintegrasi dengan Stencyl adalah Pencyl, seorang editor foto yang berasal dari JHLabs Image Editor . Penggunaannya dalam Stencyl biasanya sekunder, sebagai gambar biasanya diimpor langsung dari komputer setelah dibuat secara terpisah. Stencyl alternatif dapat diatur untuk memanfaatkan editor gambar eksternal, seperti Photoshop dan GIMP , untuk memodifikasi gambar yang sudah dimuat ke proyek.
Stencyl juga mendukung ekstensi pengguna yang diciptakan untuk menambahkan fungsi untuk perangkat lunak. Misalnya, perpanjangan bisa menambahkan blok baru untuk digunakan Desain Mode, seperti pihak ketiga API .

Untuk project game yang akan saya buat, temanya game othello. Game ini akan saya buat bukan menggunakan game generator seperti diatas. Tetapi menggunakan aplikasi strawberry prolog.
sebelumnya, apasih Strawberry Prolog itu?

Nama Prolog diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.


       Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau disebut juga bahasa non prosedural.  Prolog disebut sebagai object oriented language atau declarative language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tetapi hanya tampilan data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut heuristik dan diperlukan dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.





Terdapat tiga jenis Prolog, yaitu:

1. 
Strawberry Prolog



         Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaksnya sangat dekat dengan ISO-Prolog tetapi memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog sangat mudah digunakan dan oleh karena itu beberapa universitas menggunakan prolog untuk kursus .


2. Visual Prolog

        Visual prolog sebelumnya dikenal sebagai PDC prolog dan turbo prolog merupakan bahasa pemrograman prolog yang berorientasi objek. Sebagai turbo prolog dipasarkan oleh Borland, tetapi sekarang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan Denmark Pusat Pengembangan Prolog (PDC). Visual Prolog dapat membangun Microsoft Windows GUI-aplikasi, aplikasi konsol, DLL (Dynamic Link Libraries).

3. SWI Prolog

         SWI Prolog merupakan open source implementasi bahasa pemrograman Prolog, biasanya digunakan untuk pengajaran dan semantic web aplikasi. Memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk logika pemrograman kendala, multithreading, Unit testing, GUI, dll. SWI Prolog berjalan pada UNIX, Windows, dan Machintosh.

referensi: id.wikipedia.org